Nama : Khanif Nasrudin
NIM : 5302414081
Universitas Negri Semarang
(2015-2016)
Keyword atau kata kunci
merupakan kata yang mempunyai arti khusus sehingga
tidak dapat digunakan sebagai identifier. Berikut daftar, definisi, fungsi
serta contoh penggunaan dari keyword dalam bahasa Java :
Class, Suatu jenis yang mendefinisikan implementasi dari jenis objek
tertentu. Sebuah defenisi kelas mendefinisikan instance kelas bidang dan
metode dan kelas batin serta menetukan antar muka kelas dan segera
mengimplementasikan superclass kelas. Jika superclasstidak secara
eksplisit ditentukan, superclass secara implicit object.
Abstract, Abstract class dalam
java digunakan untuk mendeklarasikan karakteristik umum dari subclass.
Abstract class tidak bisa diinstansiasi sama halnya dengan kelas interface.
abstract class hanya bisa digunakan sebagai super class, tapi juga bisa
diturunkan dari class abstract lainnya. Untuk mendeklarasikan sebuah
abstract class (syntax) digunakan keyword abstract :
[abstract] class
[class_name]
Sebuah abstract
class pada dasarnya tidak hauh beda dengan class lainnya, yakni juga berisi
method yang menggambarkan carakteristik dari kelas abstract tersebut, bedanya
yakni sebuah abstract class bisa berisi method tanpa diimplementasikan
artinya sebuah method tanpa body, methid seperti ini disebut method abstract.
untuk pendeklarasiannya digunakan keyword abstract:
[abstract] modifier
class [class_name]
Contoh penggunaan
pada program :
abstract class Shape {
public String color;
//constractor default, constraktor yang tidak memiliki argumen dan isi
public Shape() {
}
//sama halnya dengan kelas biasa abstract class juga bisa berisi method
//seperti yang ada pada kelas biasa
public void setColor(String c) {
color = c;
}
public String getColor() {
return color;
}
//sebuah abstract method yang tidak memiliki body
//method ini akan diinisialisasi nantinya pada subclass yang mewarisi kelass abstract Shape ini
//semua abstract method yang ada pada class abstract harus diimplementasikan
//semua oleh subclass
abstract public double area();
}
//keyword extends adalah keyword yang digunakan oleh subclass
//ketika melakukan pewarisan terhada super class
public class Point extends Shape {
static int x, y;
public Point() {
x = 0;
y = 0;
}
public double area() {
return 0;
}
public double perimeter() {
return 0;
}
public static void print() {
System.out.println("point: " + x + "," + y);
}
public static void main(String args[]) {
Point p = new Point();
p.print();
}
}
output
point: 0, 0
public String color;
//constractor default, constraktor yang tidak memiliki argumen dan isi
public Shape() {
}
//sama halnya dengan kelas biasa abstract class juga bisa berisi method
//seperti yang ada pada kelas biasa
public void setColor(String c) {
color = c;
}
public String getColor() {
return color;
}
//sebuah abstract method yang tidak memiliki body
//method ini akan diinisialisasi nantinya pada subclass yang mewarisi kelass abstract Shape ini
//semua abstract method yang ada pada class abstract harus diimplementasikan
//semua oleh subclass
abstract public double area();
}
//keyword extends adalah keyword yang digunakan oleh subclass
//ketika melakukan pewarisan terhada super class
public class Point extends Shape {
static int x, y;
public Point() {
x = 0;
y = 0;
}
public double area() {
return 0;
}
public double perimeter() {
return 0;
}
public static void print() {
System.out.println("point: " + x + "," + y);
}
public static void main(String args[]) {
Point p = new Point();
p.print();
}
}
output
point: 0, 0
Assert, Assertion
digunakan untuk mengetes asumsi kita tentang sesuatu, dalam pengertian
lain menyebutkan bahwa assert merupakan kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE
1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang
programmer percaya selalu benar dititik dalam program. Jika pernyataan
akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan
adalah palsu, Kata kunci ini dimasukkan untuk membantu dalam debugging.
Syntax assert ada dua,
yaitu :
assert
booleanExpression;
assert
booleanExpression;
bila booleanExpression pada syntax 1 dan 2 bernilai false, maka assert akan melemparkan
esception(AssertError). Tapi apabila booleanExpression bernilai true, maka tidak akan terjadi apa-apa.
bila booleanExpression pada syntax kedua bernilai false maka StringExpression akan ditambahkan pada stack trace, biasanya
syntax kedua digunakan untuk menambahkan kejelasan mengapa terjadi AssertionError.
contoh penggunaan
dalam progam:
public class Assert01
{ boolean checkSesuatu(boolean nilaiKembalian)
{
System.out.println("Di dalam checkSesuatu()");
return nilaiKembalian;
}
void doAssert()
{
System.out.println("Sebelum assert");
//Sintaks 1 dengan booleanExpression bernilai
//true
assert checkSesuatu(true);
System.out.println("Sesudah assert");
}
public static void main(String[] args)
{
Assert01 a = new Assert01();
a.doAssert();
}
}
{ boolean checkSesuatu(boolean nilaiKembalian)
{
System.out.println("Di dalam checkSesuatu()");
return nilaiKembalian;
}
void doAssert()
{
System.out.println("Sebelum assert");
//Sintaks 1 dengan booleanExpression bernilai
//true
assert checkSesuatu(true);
System.out.println("Sesudah assert");
}
public static void main(String[] args)
{
Assert01 a = new Assert01();
a.doAssert();
}
}
program diatas
menggunakan syntax 1 dengan nilai booleanExpression bernilai true
Return, digunakan untuk menyelesaikan pelaksanaan
metode. Hal ini dapat diikuti oleh suatu nilai yang dapt diperlukan oleh
defenisi metode yang dikembalikan ke pemanggil.
contoh penggunaan
keywords return :
int abs(int x)
{ if (x>=0)
return x;
else
return (-x)
......
}
}
Continue, Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program
pada akhir tubuh loop saat ini. Jika diikuti dengan label, continue eksekusi
kembali pada akhir tubuh loop brlabel melampirkan.
contoh penggunaan
dalam program :
public class
contohContinue {
public static void
main(String args[]) {
int i=0;
do {
i++;
if (i==3)
<strong>continue</strong>;
System.out.println(”iterasi
ke : “+i);
if (i==5)
<strong>break</strong>;
} while(i <=
9);</em>
}
}
Break,Digunakan untuk
melanjutkan pelaksanaan program dipernyataan segera setelah
blok melampirkan saat ini ataupernyataan jika diikuti sebuah label.
public
class ContohBreak {
public static void main(String args[]) {
int i = 0;
do {
i++;
System.out.println(i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while (i <= 9);
}
}
int i = 0;
do {
i++;
System.out.println(i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while (i <= 9);
}
}
If,
if digunakan untuk membuat pernyataan jika yang menguji suatu ekspresi bernilai
true, blok pernyataan yang berhubungan dengan jika pernyataan dijalankan. Kata
kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat pernyataan jika lain
syntax if :
if (condition is true)
{
execute this statement
}
contoh pada program :
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
syntax if :
if (condition is true)
{
execute this statement
}
contoh pada program :
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
Else, Kata kunci ini dapat digunakan bersama if
untuk membuat penyataan if-else yang mengujisuatu ekspresi Boolean, jika
ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi,
jika ia bernilai false blok, dari laporan yang berkaitan dengan else
dievaluasi.
contoh penggunaan:
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
else
{
discount = 0;
}
contoh penggunaan:
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
else
{
discount = 0;
}
Byte, byte kata kunci yang digunakan untuk
menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani
dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan
bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.
Switch, Kata kunci yang digunakan dalam
hubunganya dengan case dan default untuk membuat pernyataan swtch,yang
mengavaluasi sebuah variable, nilai cocok untuk tertentu case,dan
engeksekusi blok pernyataan terkait dengan case.
Case, Case digunakan untuk membuat kasus-kasus
individu dalam pernyataan switch.
syntax switch dan case
:
switch (value)
{
case constanta 1 : statement 1;
break;
case constanta 2 : statement 2;
break;
.....
.....etc
default : statement x;
}
{
case constanta 1 : statement 1;
break;
case constanta 2 : statement 2;
break;
.....
.....etc
default : statement x;
}
For,
for kata kunci digunakan untuk membuat loop, yang menmpatkan
inisialiasai variabel, suatu ekspresi Boolean, dan suatu incrementation.
Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian ekspresi Boolean
dievaluasi. Jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan
loop dijalaankan dan kemudian incrementation yang dilakukan.
contoh penggunaan dalam program :
public class Looping {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
for(int i=1; i<=5; i++){
System.out.println(i);
}
}
}
contoh penggunaan dalam program :
public class Looping {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
for(int i=1; i<=5; i++){
System.out.println(i);
}
}
}
Do, kata kunci yang dpat digunakan bersama dengan
whie untuk membuat sebuah dowhile loop, yang menjalankan suatu blok
statement berkaitan dengan loop dan kemudian tes ekspresi Boolean yang
dapat berkait dengan while, jika ekspresi bernilai true, blok dijalankan
lagi, ini trussampai ekspresi bernilai false.
While, Kata kunci digunakan untuk membuat loop
semntara, ynag menguji suatu ekspresi Boolean dan mengeksekusi blok
pernyataan yang berhubungan dengan loop jika ekspresi bernilai true, ini
terus sampai ekspresi bernilai false. Kta kunci ini juga dapat digunakan untuk
membuat sebuah do-while-loop.
public class Looping {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
int i=1;
while (i <= 5){
System.out.println(i);
i++;
}
}
}
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
int i=1;
while (i <= 5){
System.out.println(i);
i++;
}
}
}
Float, Float kata kunci digunakan untuk
menyatakan sebuah lapanagn yang dapa memegang 32-bit persisi tunggal IEEE
754-angka floating point. Kata kinci ini juga digunakan untuk menyatkan
bahwa suatu metode mengembalikan tipe float.
syntax :
float namavariabel;
Char, char kata kunci digunakan untuk menyatakan
bidang yang dapat menyimpan 16-bit Unicode karakter. Kata kunci ini juga
digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe
char.
syntax :
char namavariabel;
Int, Adalah kata kunci yang digunakan untuk
menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer
melengkapi dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa
metode yang mengembalikan nilai int.
syntax :
int namavariabel;
Default, default digunakan dalam sebuah
pernyataan switch untuk label blok pernyataan yang akan dieksekusi jika
tidak ada case cocok dengan nilai yang ditentukan.
Import, Digunakan pada awal sebuah file sumber
untuk menentukan kelas atau seluruh paket JAVA untuk disebut kemudian
tanpa termasuk paket-paket mereka nama-nama dalam referensi. Sejak J2SE
5.0, import laporan dapat mengipor statc anggota kelas.
New,
new digunakan untuk membuat sebuah instance
dari sebuah kelas atau array.
Package
Sekelompok jenis
paket dinyatakan dengan package kata kunci.
Interface, digunakan untuk menyatakan tipe khusus kelas
yang hanya berisi metode abstrak, konstan (static final) bidang dan static
interface. Hal ini nantinya akan diimplementasikan oleh kelas yang
menyatakan antarmuka dengan implementasi kata kunci.
Long, long kata kunci digunakan unuk menyatakan
sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit masuk integer yang melengkapi
dua. Kata kunci ini digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan
nilai tipe long.
Native, digunakan dalm deklarasi metode untuk menentukan bahwa metode
ini tidak diimplementasikan dalam file sumber java yang sama, melainkan
dalm bahasa lain.
Private, Kata kunci yang digunakan dalam
pembagian lapangan, metode, atau kelas batin, anggota swasta hanya dapat
diakses oleh anggota lain dari kelas mereka sendiri.
Public, Piblic kata kunci yang digunakan dalam
deklarasi metode, kelas, atau bidang, kelas umum, metode dan bidang dapat
diakses oleh anggota dari setiap kelas.
Static, digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan,
metode atau kela batin sebagaibidang kelas. Kelas mempertahankn satu salinan
bidang kelas terlepas dari berapa banyak contoh yang ada dari kelas itu.
Static juga digunakan untuk mendefinisikan sebuah metode sebagai metode
kelas. Kelas metode yang terikat ke kelas, bukan ke contoh spesifik, dan
hanya dapat beroperasi pada kolom kelas. (kelas dan
interface dideklarasikan sebagai static anggota lain kelas atau interface
sebenarnya top-level kelas dan tidak inner class).
This, digunakan untuk mewakili sebuah instance dari
kelas dimana ia muncul. This dapat digunakan untuk mengakses anggota kelas
sebagai referensi. This juga kata kunci digunakan untuk meneruskan
panggilan dari satu konstuktor dikelas untuk konstuktor lain dikelas yang
sama.
Throw, kata kunci yang digunakan untuk menangani
exception jenis tugas yang kompatibel. Jikatik adahandler pengecualian
tersebut ditemukan dalam metode yang sekarang, maka kembali metode dan
proses ini diulang dalam metode distack, maka pengecualian dilewatkan
kehandler pengecualian theard itu tidak tertangkap.
Try, Medefinisikan blok pernyataan yang telah
exception handling. Jika pengecualian dilemparkan dalam try blok, opsional
catch blok dapat menagani menyatakan jenis pengecualain.
Juga,opsionalfinally blok dapat dideklarasikan yang akan dijalankan ketika
keluar eksekusi try blok dan catch klausa, telepas dari apakah
pengecualain dibuang atau tidak. Sebuah try blok harus memilki minimal
satu catch klausa atau finally blok
.
Void, kata kunci yang digunakan untuk menyatakan
bahwa suatu metode tidak mengembalikan nilai apapun.
Volatile,
digunakan dalam deklarasi lapangan untuk menentukan bahwa variabel yang
diubah asynchronously oleh bersamaan menjalankan thread, metode, kelas dan
interface sehingga tidak dapat dideklarasikan volative.
Boolean, Kata
kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat
menyimpan suatu nilai Boolean, yaitu baik true atau false. Kata kunci ini
juga digunakan untuk menyatakn bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe
Boolean.
Catch, Mendefinisikan sebuah handler
pengecualian kelompok pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian
dilemparkan diblok ditentukan oleh sebelumnya try kata kunci, kode ini
akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan adlah
tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch
klausa.
Const, Meskipun reserved sebagai kata kunci
dijava, const tidak digunakan dan memiliki fungsi.
Double, Kata kunci yang digunakan untuk
menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga
digunakan untuk menyatakan bahwa suatumetode megembalikan nilai tipe
double.
Enum, Sebuah java kata kunci yang igunakan
untuk mendeklarasikan tipe enumerasi. Matri memperpanjang kelas dasar
enum.
Extends, digunakan dalm sebuah deklarasi kelas untuk
menetukan superclass, digunakan dalam deklarasi interface nutuk menentukan
satu atau lebih superinterface. Kelas X Y meluas kelas untuk menmbah
fungsionalitas, baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau
dengan meng-overridemetode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih
interface dengan menmbahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y
kelas, interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas.
Juga digunakan untuk menentukan batas atas sebuah ketik Generics.
Final, Mendefinisikan entitas sekali yang tidak
dapat diubah atau berasal dari nanti. Lebih spesifk, sebuah kelas akhir
tidak dapat subclassed, metode akhir tidak dapat diganti, dan variabel
final dapat trjadi paling banyak sekali sebagai ekspresi kiri.
Semua metode dikelas terakhir secara implicit final.
Finaly, digunakan untuk mendefinisikan suatu blok
statement untuk blok yang ditetakan sebelumnya oleh try kata kunci. Yang
finaly blok dijalankan setelah keluar eksekusi try blok dan apapun yang
terkait catch klausa terlepas dari apakah pengecualian terlempar atau
tertangkap, atau eksekusi meninggalkan metode ditengah try atau
catch. blok menggunakan return kata kunci.
Goto, Meskipun receved sebagai kata kunci dijava,
goto tidak digunakan dan memiliki fungsi pada java.
Implement, Untuk menentukan satu atau lebih
interface yang diimplementasikan oleh kelas saat ini. Kelas A mewarisi
jenis dan metode abstrak dinyatakan oleh interface.
Instanceof, Sebuah operator biner yang menggunakan
sebuahreferensi objek sebagai operan pertama dan kelas atau antar muka
sebagai operan kedua dan menghasilkan hasil Boolean.
Protected, Kata kunci yangdigunakan dalam pembagian
lapangan, metode,atau kelas batin, anggota yang dilindungi hanya dapat
diakse oleh anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau
kelas yang sama.
Strictfp, Sebuah java kata kunci yang digunakan
untuk membatasi persis dan pembulatan pehitungan floating point untuk
memastikan portabilitas.
Super, Untuk mengakse anggota kelas diwariskan
oleh kelas dimana ia muncul. Super kata kunci juga digunakan untuk
meneruskan panggialn dari konstruktor di superclass.
Transient,
Menytakan bahwa
medan bukan contoh default seri bentuobjek.
Synchronized,
Digunakan dalam
deklarasi atau blok kode metode untuk mendapatkan mutex kunci untuk objek
sedangkan saat benag mengekekusi kode.
Throws, Digunakan dalam deklarasi metode untuk
menentukan pengecualian tidak ditangani dalam metode melainkanditeruskan
ketingkat yang lebih tniggi berikutnya program. Semua tertngkap
pengecualian dalam sebuah metode yang tidak kasus RuntimeException harus
dideklarasikan menggunakan throws kata kunci.
Short, Short kata kunci digunakan untuk
menyatakan bidang bisa menampung 16-bit integer melengkapi menandatangi
dua. Kata kunci ini juga digunaka untuk menyatakan bahwa metode yang
mengembalikan nilai tipe short.