Komunikasi
Dalam Jaringan (Daring)
1. PENGERTIAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING)
Istilah komunikasi dalam
jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan
jaringan computer. Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana
penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet.
Komunikasi yang terjadi di dunia semua biasa desebut komunikasi dunia maya atau
cyberspace.
2. JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi daring sinkron(serempak)
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi
menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata
(real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut
: Google+ Hangouts,FaceTime dan Skype.
Komunikasi daring asinkron(tak
serempak) Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi
menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi
daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca
dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
3. FUNGSI KOMUNIKASI
Sebagai
informasi, Komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang
diperlukan individu dan atau kelompok untuk mengambil keputusan dengan
meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.
Sebagai kendali, Komunikasi
bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap
organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh
karyawan.
Sebagai motivasi, Komunikasi
membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan para karyawan apa yang harus
dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk
memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
Pengungkap emosional Bagi
sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi social, komunikasi yang terjadi
di dalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan
rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari
perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial.
4. KOMPONEN-KOMPONEN PENDUKUNG
Terdapat beberapa komponen
yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan.
Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai
berikut:
A. Komponen perangkat keras
(hardware) Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh
manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang
diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset,
microphone, serta perangkat pendukung koneksi Internet.
B. Komponen perangkat lunak
(software) Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan
yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal
(brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa
digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: skype, google+
hangout, webconference, dll.
C. Komponen perangkat nalar
atau akal (brainware)Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang
terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras
untuk melaksanakan komunikasi daring.
5.KELEBIHAN
KOMUNIKASI DARING
·
efesiensi waktu
·
efesiensi biaya
·
bisa dilakukan dimana saja
·
bisa dikerjakan kapan saja
·
memperdalam ilmu TIK
·
Meningkatkan intensitas berkomunikasi
·
Meningkatkan partisipasi
6. KEKURANGAN KOMUNIKASI
DARING
·
tidak mewakili emosi pengguna
·
memerlukan perangkat khusus
·
tersambung dengan internet
·
menyita konsentrasi
·
terlalu banyak informasi tidak penting