KONSEP KEWARGAAN DIGITAL

khanif nasrudin
0
KONSEP KEWARGAAN DIGITAL


A. Kewargaan Digital

Kewargaan Digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Atau juga dapat didefinisikan sebagai norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab atas penggunaan teknologi. Implikasi penggunaan teknologi dunia maya yang baik dan benar:

·  Pemilihan kata yang tepat saat berkomunikasi,
· Tidak menyinggung pihak lain,
· Tidak memberikan informasi rahasia.

B. Konsep Kewargaan Digital

Konsep Kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar memiliki banyak implikasi, pemilihan kata yang berkomunikasi, tidak menyinggung pihak lain dalam update status, tidak memberikan informasi penting kepada publik, tidak membuka tautan yang mencurigakan, dan lainnya.

C. Komponen Kewargaan Digital

Komponen kewargaan digital dibagi menjadi 3 bagian dan dibagi lagi menjadi sub bagian. Tiap-tiap bagian dibagi menjadi 3 sub bagian.

1. Lingkungan belajar

a. Akses digital, setiap orang punya hak untuk memakai fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi, tapi tidak setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menggunakan teknologi.
b. Komunikasi digital, setiap warga diharapkan mengetahui jenis-jenis komunikasi dan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing.
c. Literasi digital, proses belajar mengajar mengenai teknologi dan pemanfaatan teknologi yang ada.

2. Lingkungan sekolah

a. Hak digital, setiap warga mempunyai hak privasi, kebebasan berbicara dan mengungkapkan pendapat. Juga mempunyai kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap warga digital, yaitu membantu pemanfaatan teknologi dan mengikuti aturan yang berlaku.
b. Etiket digital, dibuat dengan tujuan untuk menjaga perasaan dan kenyamanan pengguna lain.
c. Keamanan digital, setiap warga supaya dapat menjaga dan berhati-hati dalam penyimpanan informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Kehidupan di luar lingkungan sekolah

a. Hukum digital, mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat.
b. Transaksi digital, setiap penjual dan pembeli secara online harus mengetahu kelebihan dan resiko transaksi secara online.
c. Kesehatan digital, ada beberapa hal yang bisa mengancam kesehatan setiap warga digital (baik fisik maupun mental) di balik manfaat teknologi.

D. Manfaat Mempelajari Kewargaan Digital

1.  Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengoperasikan TI.
2. Mengekspresikan sebuah ide/gagasan karakteristik, pribadi, ide maupun tujuan yang tertuang di dunia maya. Tapi, sifat dunia maya yang tidak mempertemukan individu-individu tersebut maka secara tidak langsung mendorong makin menipisnya bahkan hilangnya norma-norma sopan santun, rasa tanggung jawab, dan etika saat berkomunikasi. Untuk mengantisipasi hal itu maka diperlukanlah Kewargaan Digital. 

E.  T.H.I.N.K.

T.H.I.N.K. Merupakan tata krama untuk menjadi Kewargaan Digital yang baik dan benar, kita telah menyadari pentingnya kewargaan digital. Tata Krama Komunikasi sinkron juga berkesenambungan denagn menggunakan konsep “T.H.I.N.K.” sebelum kita berkomunikasi di dunia digital, baik itu e-mail, post facebook, twitter, blog, forum, dan lain-lain. T.H.I.N.K. merupakan akronim dari:

- Is it True (Benarkah)?
Benarkah posting Anda? Atau hanya isu yang tidak jelas sumbernya?

- Is it Hurtful (Menyakitkankah)?
Apakah post anda akan menyakiti perasaan orang lain?

- Is it illegal (Ilegalkah)?
Ilegalkah post Anda?

- Is it Necessary (Pentingkah)?
Pentingkah post Anda? Post yang tidak penting akan mengganggu orang lain.

- Is it Kind (Santunkah)?
Santunkah post Anda?, tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain?

F. Contoh Pelanggaran Etiket disebuah forum.

·        -   Menyela pembicaraan moderator atau orang yang sedang menjelaskan.
·         -  Mengalihkan pembahasan jauh dari materi yang sedang di bahas.
·         -  Menunjuk,Membentak,dan menghina statement oranglain.
·         -  Menggunakan bahasa yang tidak baku.
·         -  Memuat konten yang dilarang seperti (promosi,pornografi,dan Judi).
·         -  Menghilang dan menunjukkan tanda-tanda tidak kembali sebelum Forum ditutup.

G. Manfaat Kewargaan Digital

1.  Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengoperasikan TI.
2. Mengekspresikan sebuah ide/gagasan karakteristik, pribadi, ide maupun tujuan yang tertuang di dunia maya.

SIMBOL CREATIVE COMMONS


penjelasan nama per lisensi :


Lisensi CC BY

Dalam lisensi ini kita boleh Mengubah, Memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan Komersial asalkan dengan syarat kita harus mencantumkan nama sang pemilik ciptaan tersebut.

Lisensi CC BY-SA

sama halnya dengan lisensi CC BY kita juga boleh menggunakan ciptaan orang lain asalkan kita menaruh credit atau mencantumkan nama sang pemilik ciptaan tersebut, Lisensi ini juga digunakan Wikipedia.

Bedanya dengan CC BY lisensi CC BY-SA selain harus mencantumkan nama sang pemilik gambar, kita juga tidak boleh menggabungkan satu gambar yang berlisensi CC BY-SA dengan lisensi lain, jadi harus berlisensi yang sama.

Lisensi CC BY-ND

Pada lisensi ini kita hanya boleh menggunakannya saja maupun untuk keperluan Komersial ataupun non Komersial, jadi kita tidak diperbolehkan Mengubah, Memperbaiki, ataupun membuat ciptaan turunan yang berlisensi CC BY-ND.

Lisensi CC BY-NC

Kita boleh menggunakan, mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, hanya untuk keperluan Non Komersial jadi kita tidak boleh menggunakan ciptaan yang berlisensi CC BY-NC untuk keperluan Komersial bahan jika kita menaruh credit kepada sang pemilik.

Lisensi CC BY-NC-SA

Lisensi jenis ini memperbolehkan kita untuk mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan hanya untuk kepentingan non komersial saja, akan tetapi dengan syarat anda mencantumkan credit dan menggunakan lisensi yang sama untuk membuat ciptaan turunan.

Lisensi CC BY-NC-ND

Untuk lisensi jenis ini, benar-benar lisensi yang memang sangat ketat, kalian hanya boleh mengunduh ciptaan atau karya yang berlisensi ini, dan membagikannya dengan syarat harus mencantumkan credit, kalian juga tidak boleh menggunkaan ciptaan dengan lisensi ini untuk kepentingan Komersial, kalian juga tidak boleh mengedit, mengubah, ataupun membuat ciptaan turunan.

Sumber :


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)