Mapel KJD kelas X TKJ : Mengenal Bagian CPU

khanif nasrudin
0

MENGENAL BAGIAN CPU

oleh : KHANIF NASRUDIN, S.Pd


Assalamuallaikum wr.wb
hay guys masih sehat?. saya doakan sehat selalu, disini saya akan mempost beberapa teori kejuruan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) mengenai bagian-bagian yang harus dikenal sebelum melakukan reparasi komputer. dengan mengetahui bagian-bagian komputer beserta fungsinya khususnya COMPUTER, apa itu COMPUTER? mengapa kita harus mengenal bagian-bagian dari COMPUTER itu sendiri? untuk lebih jelasnya silahkan kalian baca dulu post ini yang dimana disini saya menjelaskan bagian-bagian COMPUTER dan sedikit penjelasan dari diri saya pribadi. :)

COMPUTER, apa sih itu COMPUTER?
 
COMPUTER dapat dibaca dari kepanjangannya saja sy sudah bisa memperkirakan jika COMPUTER itu sangat penting karena didalam COMPUTER ada CPU yang merupakan Central atau pusatnya dari Processing semua proses yang dilakukan komputer, untuk lebih simpelnya saya jelaskan seperti ini saja :
CPU merupakan suatu komponen penting dalam sebuah komputer. mengapa CPU merupakan kompunen penting? jawabanya karena peran dari CPU yang sangat vital, dimana CPU berperan untuk membantu melakukan pemrosesan informasi pada suatu sistem jaringan komputer. dengan adanya CPU setiap kegiatan yang dilakukan dikomputer dapat berjalan karena adanya CPU itu sendiri.

Setelah mengetahui betapa pentingnya CPU itu, lalu apa sih Fungsi dari CPU dalam perangkat komputer?
Fungsi dari CPU adalah untuk mengubah suatu perhitungan, algoritma bahasa mesin agar bisa dipahami oleh pengguna komputer tersebut (User-nya), dan ditampilkan dalam sebuah display unit.
kemudian banyak yang menanyakan kenapa setiap proses dikomputer itu memiliki kecepatan yang berbeda-beda, simpel saja jika proses dalam komputer dilakukan CPU maka yang mempengaruhi kecepatan proses dalam komputer tergantung dari CPU yang digunakan di komputer tersebut.

CPU sendiri memiliki banyak komponen yang ada dilama CPU itu sendiri, komponen apasaja yang ada dilam CPU, berikut saya jelaskan singkatnya :

1. CPU / PROCESSOR

Komponen yang satu ini berbentuk CHIP kecil, jika saya gambarkan ini sebagai otaknya manusia, sebagai otaknya komputer juga. untuk mengetahui lokasinya biasanya benda ini berada di dekat atau bahkan menempal di kipas yang ada didalam CPU, mengapa kok harus dekat dengan kipas?, diibaratkan otak manusia, kerja orak adalah untuk berfikir (suatu proses sehingga menghasilkan suatu tindakan), jika  kita bayangkan dalam kehidupan, siswa ketika mendapat banyak tugas mereka mengeluh panas otak sy, begitupun Processor yang bekerja untuk melakukan processing dari komputer, jadi benda yg satu ini mudah sekali panas jika ditekan dengan kegiatan komputer yang tidak terstruktur/tertata.

2. RAM (Random Acces Memory)

yang perlu digarisbawahi dari RAM adalah Memory-nya, fungsi memory adalah sebagai media penyimpanan, akan tetapi untuk RAM itu sendiri merupakan memori atau perangkat penyimpanan sementara. untuk simpelnya saya jelaskan fungsi memori sementara ini dengan suatu tindakan otak manusia dalam sebuah cerita singkat berikut ini :
seorang anak yang di mintai tolong ibunya untuk membeli bahan dapur seperti garam, ketumbar, jahe semisal. anak tersebut langsung otw menuju toko terdekat, dijalan dia bertemu dengan temannya dan diajak ngobrol, seselesainya ngobrol anak tsbt melanjutkan perjalanan ke toko untuk membeli bahan dapur tersebut, sebelum sampainya ditoko anak tersebut lupa apasaja yang akan dibeli tadi. 
Dari masalah dalam cerita diatas dapat disimpulkan bahwa otak manusia juga memiliki penyimpanan yang bersifat sementara seperti RAM pada CPU.

3. VGA Card


Komponen yang satu ini sering disebut dengan Graphic Card, VGA juga merupakan komponen penting pada CPU yang berfungsi sebagai tampilan dari komputer di dalam layar display. VGA ini membantu menampilkan semua proses yang terjadi didalam CPU ke display komputer user.

4. HARDDISK / HDD  dan ROM
(hardisk
(ROM)

Sebelumnya kita sudah mengenal RAM, selain RAM di CPU juga ada komponen penyimpanan permanen yaitu ROM. didalam ROM terdapat software pertama yang akan digunakan untuk menampilkan tampilan display / monitor, sotware tersebut dinamakan BIOS. data pada bios tidak akan hilang walau arus listrik diputuskan, hal ini dikarenakan ada daya yang akan menyuplai ROM, daya listrik ini berasal dari baterai yang tertanam didalam COMPUTER, namanya baterai CMOS.

selain itu didalan komputer juga ada memory permanen lain yaitu Harddisk, garis besarnya komponen ini merupakan memori / tempat penyimpanan yang menyimpan data secara permanen. data permanen ini bisa dihapus oleh user melalui tampilan display. data dalam harddisk tidak akan terhapus walau arus listrik terputus dari komputer.

5. MOTHERBOARD

dari 4 perangkat diatas, Processor, RAM, VGA dan Harddisk tidak akan bisa dugunakan didalam CPU apabila semua perangkat tersebut tidak terhubung didalam motherboerd, atau yang seringkali disebut mainboard. fungsi inti dari motherboard ialah untuk menopang dan menyatukan semua perangkat keras (hardware) komputer menjadi satu kesatuan.

6. POWER SUPPLY

komputer tidak akan menyala jika tidak terhubung dengan arus listrik, bicara arus listri kita akan dikenalkan dengan arus AC dan DC. AC merupakan arus kuat yang bisa mematikan, sementara DC adalah arus lemah yang jika tersentuk tubuh manusian akan merasakan sedikit sengatan/kejutan.
komputer hanya perlu arus DC untuk menyala, dikarenakan komponen-komponen komputer banyak yang berbentuk chip, dimana jika chip tersebut terkena arus AC akan mudah terbakar dan rusak.
fungsi power supplay adalah untuk menghambat dan mengubah arus AC ke DC sehingga komputer hanya akan mendapat suplay arus dalam bentuk DC.

7. COOLING FAN

hardware satu ini merupakan gambaran kipas yang digunakan di CPU, dimana fungsi dari kipas sebagai pendingin.

8. CASING CPU

perangkat keras yang terakhir adalah casing/wadah dari semua perangkat yang sudah disebutkan diatas, supanya tertata rapi. bentuk dari casing CPU sangat beraneka ragam, yang sering ditemui adalah balok.

ok guys mungkin itu beberapa hardware (perangkat keras) yang wajib diketahui didalam CPU.
untuk lebih jelasnya mungkin kalian bisa menonton vidio tentang beberapa komponen didalam CPU dilink berikut :


untuk latihan quiznya bisa disini ya guys, biar kalian bisa memperkirakan ilmu yang kalian serap sampai di tahap mana :)


SELAMAT BELAJAR, semoga ilmunya bermanfaat ... :)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)